Monday 25 October 2010

Representasi Pengetahuan Jaringan Semantik Kehidupan Sehari-hari dan Naskah Persiapan Berpetualang

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan


Jaringan Semantik Kehidupan Sehari-hari

Jaringan semantik merupakan gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek. Jaringan semantik terdiri dari lingkaran-lingkaran yang menunjukkan objek dan informasi tentang objek-objek tersebut. Objek disini bisa berupa benda atau peristiwa. Antara dua objek dihubungkan oleh arc yang menunjukkan hubungan antar objek.

Gambar berikut menunjukkan representasi pengetahuan menggunakan jaringan semantik mengenai kehidupan sehari-hari :


Dari gambar jaringan semantik di atas, diketahui :
terdiri objek-objek :
  • Jayan
  • awan
  • hitam
  • hujan
  • musik
  • kamar
  • dangdut
  • belajar
  • udara
  • pagi
  • bebas
  • polusi
  • nasi
  • tangan
  • kepala
  • bingung
  • teman
terdiri dari arc:
  • lihat
  • warna
  • ketika
  • dengar
  • di
  • jenis
  • ketika
  • hirup
  • saat
  • penuh
  • yang
  • dari
  • makan
  • dengan
  • raba
  • seorang
  • dengan
  • karena
representasi pengetahuannya berbentuk kalimat :
  1. Jayan lihat awan warna hitam
  2. Jayan lihat awan ketika hujan
  3. Jayan dengar musik di kamar
  4. Jayan dengar musik jenis dangdut
  5. Jayan dengar musik ketika belajar
  6. Jayan hirup udara saat pagi yang bebas dari polusi
  7. Jayan hirup udara penuh polusi
  8. Jayan makan nasi dengan tangan
  9. Jayan raba kepala seorang teman dengan tangan
  10. Jayan raba kepala karena bingung

Naskah Persiapan Berpetualang

Naskah adalah skema representasi pengetahuan yang merepresentasikan pengetahuan berdasarkan karakteristik yang sudah dikenal sebagai pengalaman-pengalaman. Naskah merepresentasikan pengetahuan dengan menggambarkan objek menggunakan slot yang berisi informasi tentang orang, objek, dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.

Elemen script meliputi :
  1. Kondisi input, yaitu kondisi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku suatu peristiwa dalam naskah
  2. Track, yaitu variasi yang mungkin terjadi dalam suatu naskah
  3. Prop, berisi objek-objek pendukung yang digunakan selama peristiwa terjadi
  4. Role, yaitu peran yang dimainkan oleh seseorang dalam peristiwa
  5. Scene, yaitu adegan yang dimainkan menjadi bagian dari suatu peristiwa
  6. Hasil, yaitu kondisi yang ada setelah urutan peristiwa dalam naskah terjadi

Berikut menunjukkan representasi pengetahuan menggunakan naskah mengenai persiapan berpetualang :

Jalur (track) : persiapan berpetualang
Role (peran) : petualang
Prop (pendukung) : peta, kompas, gps, ransel, kemah, bekal, pakaian, peralatan makan, peralatan mandi
Kondisi input : petualang melakukan persiapan untuk berpetualang

Adegan (scene) -1 : Petualang menentukan tujuan
  • Petualang melihat peta
  • Petualang melihat kompas
  • Petualang melihat gps
Adegan -2 : Petualang menyiapkan bawaan
  • Petualang menyiapkan ransel
  • Petualang menyiapkan kemah
  • Petualang menyiapkan bekal
  • Petualang menyiapkan pakaian
  • Petualang menyiapkan peralatan makan
  • Petualang menyiapkan peralatan mandi
Adegan -3 : Petualang menaruh bawaan ke dalam ransel
  • Petualang menaruh kemah
  • Petualang menaruh bekal
  • Petualang menaruh pakaian
  • Petualang menaruh peralatan makan
  • Petualang menaruh peralatan mandi
Hasil :
  • Petualang mendapatkan tujuan
  • Petualang belum mendapatkan tujuan
  • Petualang telah siap
  • Petualang belum siap

No comments:

Post a Comment